pengertian dan tata cara ibadah umroh lengkap dengan sumber/ rujukan yang jelas. Info umroh murah plus

PENGERTIAN IBADAH UMROH

Definsi Ibadah Umroh

Kita mengenal ibadah umroh sebagai salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat manusia sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Ibadah umroh yang kita kenal selama ini adalah datang ke tanah suci lalu melakukan thawaf, sai dan mengakhirinya dengan tahallul atau memotong sebagian rambut kepala baik bagi laki-laki maupun perempuan. Namun sebenarnya ibadah umroh memiliki dua pengertian yakni pengertian secara syariah dan dari segi bahasa

Pengertian Ibadah Umroh secara Syariah


Ibadah Umroh secara syar’i dan fiqih adalah mengunjungi kota Mekkah untuk melakukan ibadah (seperti thawaf dan sa'i) dengan tata cara tertentu. Dapat pula dikatakan dengan datang ke Baitullah untuk melakukan ibadah umroh sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Pengertian Ibadah Umroh dalam segi bahasa
 

Dari segi bahasa, ibadah umroh memiliki arti berkunjung atau berziarah. Maksudnya adalah dengan sengaja mendatangi tempat yang lazim dikunjungi banyak orang. Sesuai dengan arti di atas, ibadah umroh boleh dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu seperti ibadah haji yang hanya dapat dilakukan sekali dalam setahun yakni hanya pada bulan Dzulhijjah saja.

Sejarah Ibadan Umroh
 

Pertama kali nabi Muhammad SAW melakukan ibadah umroh beserta pada pengikutnya pada tahun 7 hijriyah. Nabi Muhammad SAW beserta rombongannya berjumlah hampir 2000 orang memasuki Ka”bah dan melakukan thawaf sebanyak 7 kali putaran. Setelah itu melakukan shalat di makam nabi Ibrahim As dan minum air zam-zam lalu melakukan sai atau lari-lari kecil dari Shofa menuju Marwah. Terakhir, nabi Muhammad SAW melakukan tahallul atau memotong sebagian rambut. Bermula dari tuntunan nabi Muhammad SAW saat melakukan umroh pertama kali itulah, hingga kini kita menjalankan rukun dan syarat umroh.

0 Komentar untuk " "

Back To Top